Ngajar renang

Assalamu’alaikum ya Akhi ya Ukhti…

Assalamu’alaikum ya Akhi ya Ukhti 2X

Salam-salam hai saudaraku, 

smoga Allah merahmatimu

Salam-salam wahai semua,

smoga hidup jadi bahagia

(Penggalan lagu Opick, Assalamu’alaikum..)

Hari mingu pagi yang cerah, setelah sholat subuh, ngaji, mataku masih tertuju pada laptop. Maklumlah, sudah harus mengejar Tugas Akhir untuk segera menjadi Sarjana ITB. Insya Allah. Topik bahasan masih sama, yakni tentang reaktor nuklir. Pemodelan salah satu jenis reaktor nuklir dengan bahan bakar limbah nuklir. Waktu kali ini sudah menunjukkan pukul 07.15. Aku ada janji dengan salah satu rekanku, Bu Yanti, mahasiswi S3 di Fisika. Dia satu lab denganku di Nuclear Reactor Physics Laboratory. Janji yang ku maksud adalah mengajarkan anaknya berenang. Iya berenang. Salah satu aktivitas yang rutin kulakukan beberapa saat terakhir ini untuk tetap menjaga kebugaranku.  

Dengan menggunakan kendaraan umum, tanpa mandi dahulu –ya iyalah, namanya juga mau berenang, mandi di kolam aja- langsung berangkat dengan membawa perlengkapan seadanya. Angkot Caheum-Ledeng dengan lincahnya membelah jalan setiabudi. Dan pukul 8 kurang 10 pun aku sudah berada di depan kolam renang Sabuga. Ternyata bu Yanti dan anaknya belum kunjung datang.   Wah, sudah lama juga aku tidak datang ke sabuga di hari Ahad. Biasanya berenang hari Sabtu atau hari biasa. Rame sekali. Lapangan lari penuh dengan orang yang berlari atau sekedar berjalan ria. Di tengah lapangan tampak anak-anak klub berlatih sepak bola. Di pinggir lapangan ada panggung yang diisi hiburan yang di sponsori oleh salah satu minuman pembangkit tenaga. Ramelah pokoknya.  Jam 10 lewat sedikit aku bertemu dengan bu Yanti, suaminya, dan anaknya. Ijlal, atau Jilal ya… (lupa euy, besok tanya lagi deh). Langsung aja ke kolam renang. Dasar anak-anak, begitu sampai kolam renang langsung menuju kolam dalam. Hampir aja dia nyebur. Bisa berabe tuh.  Di Sabuga ada kolam untuk anak-anak, jadi lah latihan pertama kita, yaitu berani dengan air.. Ternyata si Ijal bisa ga takut sama sekali dengan air. Pelajaran kedua mengambang dan menyelam.. Emang ga mudah ya ngajarin anak-anak. Butuh kesabaran yang tinggi. Anak-anak itu banyak maunya, tapi giliran dah diturutin. Itu anak malah ga mau.. (mungkin kita juga gitu ya waktu anak-anak he he he…)    

Selama lebih dari 30 menit si Ijal belajar berenang. Yah lumayan lah, sedikit-sedikit sudah mulai bisa ngambang dan nyelam. Si Ijal ga bisa terlalu lama berenang, karena memang dingin banget. Dia udah pelukan aja ama ayahnya, kedinginan..   Pelajaran berenang pertama kali akhirnya selesai juga. Selesai ngajarin si Ijal ngambang sama nyelem, aku pun melanjutkan berenang dengan mengitari beberapa kali kolam renang besar dengan berbagai macam gaya, mulai dari gaya katak, bebas, punggung, sampai kupu-kupu. Untuk yang terakhir ini masih dalam tahap belajar. Si Ijal masih memperhatikanku untuk beberapa saat, sampai tampaknya dia sudah terlalu capai dan akhirnya pulang. Kamipun sepakat untuk bertemu kembali pekan depan.  Berenang bagiku sudah merupakan hobi yang tidak bisa dilepaskan. Bukannya tidak suka dengan olahraga lain, seperti futsal, lari, atau yang lainnya. Tapi berenang inilah yang paling aku sukai sejak kecil. Untung saja aku masih cinta berenang, kalau enggak aku sudah tidak akan olahraga lagi deh. 

Berenang selain untuk olahraga, menggerakkan seluruh otot dan persendian, juga untuk melepaskan penat dalam aktivitas sehari-hari. Setelah berenang biasanya akan merasakan segar yang luar biasa pada tubuh. Juga pada otak. Lumayan bisa menghilangkan stress ketika mengerjakan TA he he he..   Emang benar kata Rasul, Ajarkan anakmu Memanah, Berkuda, dan Berenang. Dengan menguasai salah satu saja dari yang di atas, akan banyak memberikan manfaat bagi diri maupun orang lain..

 
Salam

Kamil

 

Ps: yg mau ikutan belajar renang tinggal japri aja ya

kolam-renang.jpg

7 Comments (+add yours?)

  1. Ardee'est Things In My Life
    Mar 24, 2008 @ 08:47:22

    ciaelah… kamil! hehehe… jadi ini nih murid selanjutnya…
    gue murid keberapa mil…?

    Reply

  2. bangkamil
    Mar 24, 2008 @ 11:33:50

    sok, kalo mau jadi murid gw. di tunggu di sabuga tiap ahad pagi… btw, selain kursus renang, bisa juga kursus nyupir. tinggal siapin aja mobilnya otre…🙂

    Reply

  3. mif
    Apr 28, 2008 @ 23:05:19

    Bang… aye mo diajarin renang dung. Tapi ngga mau basah. Gimane dungs….???😦

    Reply

  4. irfan
    Feb 11, 2009 @ 09:44:36

    Bang. Saya pengen intens berenang dengan teknik yg benar.

    Pengen les berenang ceritany..

    Bisa minta ajarin?
    Kirim email aj y bang

    Reply

  5. Heni kurniawati
    May 25, 2010 @ 13:34:50

    Sy ortu fasya 4th-perempuan,yg pengen anaknya jago berenang.Brp biaya les berenangnya?Berapa kali seminggu?Minta no yg bs dihubungi dong

    Reply

  6. syfa kamaliyah
    Apr 16, 2016 @ 07:01:03

    A kalo mw private anak umur 4th bs?kontak kemana?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: