Tips Mencari Kerja

Setelah lulus sekolah atau kuliah, salah satu mimpi kita adalah dapat bekerja pada suatu perusahaan. Memang, mendapatkan penghasilan tidak harus selalu dengan bekerja pada suatu perusahaan, bisa saja dengan membuka usaha sendiri (entepreneur), atau hidup dengan warisan dan deposito (memindahkan tabungan dari deposito satu ke deposito lainnya, dan mendapatkan bulanan dari bunga).

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Banyak orang yang ingin menjadi pegawai karena biasanya pegawai itu berdandan necis, dan mendapatkan penghasilan tetap. Nah, pada tulisan kali ini, tidak akan dibahas tentang hal tersebut, namun terkait dengan tips bagaimana kita mendapatkan pekerjaan bedasarkan pengalaman penulis. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan apabila ingin lulus ketika mencari pekerjaan:

1. Dapatkan nilai yang baik ketika kuliah.

Pada masa ini, tidak dapat dipungkiri, nilai IPK sangat menentukan dalam mencari pekerjaan, apalagi untuk kerja yang pertama kali. Raihlah IPK minimal 3,00 untuk kampus negri, dan 3,25 untuk kampus swasta.

2. Mulai mendaftar website job seeker, seperti jobsDB, dan jobstreet.

Tentunya aktif pula melihat-lihat website yang memberi informasi tentang lowongan pekerjaan (seperti cdc.ui.ac.id, pcd.itb.ac.id, lowonganbumn, dsb dsb)

3. Pilihlah jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat, kemampuan, dan latar belakang pendidikan.

Apabila anda memiliki latar belakang pendidikan anda ekonomi, janganlah mendaftar lowongan engineer pertambangan, atau kalau anda lulusan MIPA, tidak akan keterima untuk posisi legal officer. Namun banyak pula lowongan pekerjaan yang tidak mensyaratkan jurusan, dan dibuka untuk semua jurusan.

4. Mempersiapkan hal-hal yang diperlukan dalam tes

  • Persiapan berkas-berkas: Siapkanlah berkas-berkas yang diperlukan dalam satu tempat khusus. Berkas tersebut antara lain CV, fotokopi ijasah, transkrip akademik, ktp, dan foto. Untuk PNS biasanya mensyaratkan berkas tambahan yaitu fotokopi kartu kuning, dan surat keterangan kelakuan baik dari kepolisian. Beberapa berkas lain yaitu fotokopi surat keterangan sehat & tidak buta warna, copy pasport, dll.
  • Persiapan alat tulis : Pulpen, pensil, penghapus, kalkultor
  • Persiapan pakaian : Pakaian formal kerja, kemeja lengan panjang, celana bahan, bila perlu persiapan Jas, serta sepatu kerja. Begitu pula untuk yang wanita.
  • Persiapan bahan ujian.Biasanya ada beberapa tes, wawancara, bahasa Inggris (TOEFL), psikotes, logika, forum group discussion, dll.

5. Belajar serious Jangan meremehkan tentang belajar.

Ada ungkapan “Bisa karena biasa”. Tes kerja ini seperti mengikuti SPMB/SMPTN, semakin sering belajar dan mengikuti tes kerja, maka nantinya akan terbiasa. Tes tertulis biasanya tes TOEFL dan tes aptitude (psikotes). Belilah buku-buku tentang toefl dan tes ini. Banyak tersedia di pasaran. Beli beberapa buku yang berbeda, agar bisa memperkaya pengetahuan tentang tes tertulis ini. Perbanyak latihan soal.

Selanjutnya adalah tes interview (wawancara). Detail dari poin-poin tentang interview, akan dibahas lebih lanjut pada tulisan berikutnya. Terakhir, perbanyak pengetahuan tentang posisi yang dipilih dan tentang profil perusahaan yang ingin kita lamar. Dengan mengetahui hal tersebut akan menambah nilai plus bagi kita.

6. Berdoa Ada pepatah “Just do the best, and God will do the rest”.

Ya, tentunya berusaha semaksimal mungkin kemudian dilengkapi dengan berdoa adalah kunci kesuksesan. Bagi anda yang muslim, cobalah untuk memperbanyak ibadah sunah, seperti shalat duha, tahajjud, dan yang cukup penting adalah zakat/infaq. Mudah-mudahan akan diberi kemudahan oleh Allah Swt.

Selamat mencari kerja. Semoga diberi kemudahan dalam mencari kerja, dan mendapatkan kerja sesuai yang diinginkan. Tetap semangat apabila gagal, karena yakinlah, bahwa Tuhan akan memberika yang terbaik bagi kita. Amin.

Insan Kamil

Selesai menulis 27 Mei 2010

4 Comments (+add yours?)

  1. lesly
    Jul 08, 2010 @ 16:11:03

    oya, klo bank nerima dari jurusan mana saja kan. Tips yang bagus

    Reply

  2. G+ Info
    Aug 25, 2011 @ 07:19:39

    thanks for this cool tips!😉

    Reply

  3. Trackback: job
  4. Cincin Batu Akik
    Jun 14, 2012 @ 23:22:52

    thanks buat share nya kang..salam kenal dan sangat membantu sekali

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: