Food Combining

Good Day

Setelah 3 tahun tidak menulis, kali ini ingin mengaktifkan kembali weblog.

Kali ini ingin bercerita tentang hidup sehat, dimana salah satu caranya adalah dengan melakukan kombinasi pada makanan atau istilah kerennya food combining. Food combining ini awalnya diperkenalkan oleh sepupu Istri, yaitu Mbak Dolly.

Tadinya males-malesan juga pengen cari infonya, tapi terpaksa karena istri ngasih bukunya ya udah di baca juga deh. Semoga bisa menjadi semakin sehat dan ga gampang sakitt.. amin..

Terima kasih banyak buat Bang Erikar Lebang sudah nulis buku dan memberikan inpirasi sehat untuk kita semua.

Nah, berikut kira-kira yang saya ambil dari tumblr nya Bang Erikar Lebang dan Blog nya Mas Annunaki

 

FOOD COMBINING #KIBULANSEHAT Batch 01 & 02

storyofnotes:

FOOD COMBINING #KIBULANSEHAT Batch 01

Thanks to @cenkii yang mendokumentasi Kibulan @erikarlebang ttg Food Combining (FC) karena Twitter lagi bermasalah di website pada komputer saya

Hey. Tweeps… Siapa yg kmrn minta kibulan. FC? Okeh saya mulai

Food Combining (FC) is not the name of another ‘make you slim’ diet nor the name of eating art method *laughing*

FC adalah pola makan yg mencari keseimbangan dalam tubuh. Orientasi FC adlh pencapaian PH darah yang netral antara acid-base (asam-basa)

  1. Anggaplah PH darah bagai garis lurus yg memiliki 2 kutub. Asam (Acid) dan Basa (Base) di masing2 ujung kiri-kanannya  #foodcombining
  2. PH darah yg ideal, ada di tengah-tengah, netral. Saat itulah semua fungsi tubuh kita berjalan dgn normal tanpa masalah  #foodcombining
  3. Yang umum terjadi akibat dari pola makan kebanyakan org adalah : PH darah tergeser ke arah kutub Acid #foodcombining
  4. Disaat itulah beragam problem  mulai bermunculan dan semua berpotensi menyebabkan penyakit. Dari yg ringan hingga fatal  #foodcombining
  5. Beragam bentuk kegagalan kerja organ, malfungsi sistem, sel yg berubah sifat menjd radikal muncul saat darah di PH itu #foodcombining
  6. Prinsip pola makan FC sangat sederhana, upaya utk mengubah kondisi tadi dan menarik PH darah cenderung kutub acid ke basa #foodcombining
  7. Dengan banyak konsumsi makanan pembentuk basa (buah-sayur) serta mengadopsi pola makan yg tdk memancing PH darah asam  #foodcombining
  8. Meminimkan proses makanan, memperhatikan paduan unsur makanan, mengharmonikannya dgn karakter sistem cerna tubuh #foodcombining
  9. Adalah upaya konkrit dalam menarik atau menjaga PH darah agar selalu berada pada posisi netral. Agar semua selalu normal #foodcombining
  10. Saat semua normal, apapun problem tubuh mudah teratasi. Kesehatan terjaga baik krn daya tahan mampu bekerja maksimal  #foodcombining
  11. Berat badan stabil ideal, krn tubuh yg sehat akan selalu konsisten memelihara level normal massa otot dan cadangan lemak #foodcombining
  12. FC adalah salah satu pola makan yg memperhatikan asupan makanan tdk hanya dr nilai gizinya tapi ke hal yg lbh substansial #foodcombining
  13. Yaitu bagaimana tubuh menyikapi dan mengabsorsi dengan baik kandungan gizi yg ada dalam satu unsur makanan #foodcombining
  14. Bagaimana memadukannya dgn unsur lain? Kapan wkt yg tepat utk memakannya? Adlh slh satu contoh seni dlm berpola makan FC #foodcombining
  15. Itulah sebabnya pelaku FC mampu makan hingga kenyang namun tanpa menimbulkan rasa tidak nyaman atau menyebabkan kegemukan #foodcombining
  16. Mayoritas kegagalan diet adalah krn pelakunya merasa tersiksa, bosan dan kelaparan secara berkepanjangan #foodcombining
  17. Dan kadang timbulkan penyakit atau kondisi kurang nyaman bagi tubuh. Bahkan membuat penyakit fatal dalam jangka panjang #foodcombining
  18. Belum lagi gangguan psikologis akibat rasa tdk nyaman krn lapar berkepanjangan plus keinginan makan ini-itu yg teredam #foodcombining
  19. FC menisbikan kondisi tersebut. Pelakunya selalu mampu makan kenyang, puas namun segera diproses dgn baik oleh tubuh #foodcombining
  20. Psikologis dan fisiologis prima setiap saat dan anatomis tubuh terjaga selalu, ideal, walau mgkn tdk sempurna, tp sehat #foodcombining
  21. Demikian teaser ttg FC, kalau penasaran nantikan kibulan lanjutan ttg juklak pola makan satu ini. As always, gak suka? Sila unfollow, salam!

FOOD COMBINING #KIBULANSEHAT Batch 02

Siang Tweeps, sorry kl kibulan agak terhambat, gak tau kenapa nih, susah buka Twitter.com dr komputer. Mari kita teruskan kibulan ttg FC

  1. Salah satu yg identik dgn pola makan FC adlh ciri khas untuk  sarapan dgn mengkonsumsi buah segar ketimbang makanan lain #foodcombining
  2. Kenapa bisa demikian? Ada baiknya kita mengenal sistem tubuh kita sblm mencari tahu alasannya kenapa? Agar jelas #foodcombining
  3. Tubuh punya siklus biologis dlm melakukan metabolisme yg biasa disebut sbg Ritme Sirkadian. Dibagi berdasar waktu 24 jam #foodcombining
  4. Mulai pk. 12.00-20.00, tubuh membuka kesempatan untuk kita bisa menyerap bahan makanan sesuai dengan kebutuhannya #foodcombining
  5. Pukul 20.00-04.00 tubuh memproses apa yg td dimakan, serta mempergunakannya sesuai dengan keperluan tubuh #foodcombining
  6. Diperlukan energi yg besar di fase ini, itulah sebabnya Tuhan mendisain wkt ini sbg siklus istirahat kita #foodcombining
  7. 04.00-12.00 adlh waktu dimana ‘sisa proses’, dibuang dari tubuh. Dlm bentuk kotoran, urine, keringat atau nafas #foodcombining
  8. Di fase ini tubuh juga memerlukan energi yg sangat besar. Yg membuatnya agak sulit, tenaga tsb hrs terbagi dgn aktivitas pagi #foodcombining
  9. Pdhal energi utk ‘mengeluarkan’ tsb hrs dikonsentrasikan agar kerja tubuh tidak terganggu serta kondisi jangka pendek/panjang #foodcombining
  10. Agar proses ‘pengeluaran’ ini bebas dari gangguan, sebaiknya dipilih makanan yang tidak memberatkan pencernaan #foodcombining
  11. Itulah sebabnya FC mempergunakan buah sbg sarapan pagi. Krn sifatnya yg ringan dan mudah cerna serta ckp lengkap unsurnya #foodcombining
  12. Pilihan buah yg berserat, manis pohon dan berair, adalah contoh terbaik dari buah yg ideal dipergunakan utk sarapan  #foodcombining
  13. Sebagai negara tropis, Indonesia sangat ideal dlm menyediakan pasokan buah seperti demikian. Pilihlah buah lokal #foodcombining
  14. Selain harganya yg lbh murah, apabila diproduksi dgn baik, buah lokal memiliki wkt panen yg jauh lbh dekat ke wkt santap #foodcombining
  15. Sehingga kesegaran, nutrisi, enzyme-nya msh terjamin tersedia dgn baik bagi tubuh. Cuci bersih sblm dikonsumsi #foodcombining
  16. Konsumsi dengan dua cara, buah potong atau pergunakan juicer atau blender. Keduanya punya kelebihan masing-masing #foodcombining
  17. Makan buah atau minumlah jus buah perlahan agar fructose (gula buah) tdk membuat lonjakan gula dlm tubuh secara mendadak #foodcombining
  18. Buah punya sifat yg mudah mengenyangkan, namun krn ringan serta cepat urai ia juga mudah membuat lapar kembali #foodcombining
  19. Itu sebabnya sarapan buah dilakukan secara repetitif antara pagi hingga jelang makan siang agar tdk terganggu rasa lapar #foodcombining
  20. Sayur mentah segar bs jadi pengganti buah bila tdk tersedia, diluar itu konsumsi 1 butir telur jg msh mampu ditoleransi #foodcombining
  21. Namun tdk bg nasi goreng, sereal dgn susu, roti dlm berbagai bentuk, susu dgn produk turunannya, apalg sosis, bacon dsb #foodcombining
  22. Bahkan segala macam bentuk bubur yg sering disalah kaprahkan sebagai makanan lunak yg ringan serta mudah untuk dicerna #foodcombining

Demikian kibulan FC kali ini. Semoga memperjelas. Ttg apa yg dipadu-padankan utk makan, next time ya. As always, gak suka? Unfollow saja!

Sumber : http://erikarlebang.tumblr.com/

 

 

Erikar Lebang: Food Combining itu Gampang

Erikar Lebang: Food Combining itu Gampang. Coba evaluasi kondisi kesehatan anda berikut:

  • seberapa banyak anda melahap makanan “cepat saji” dalam seminggu ?
  • seberapa sering anda sakit?
  • seberapa jauh jarum timbangan anda menjauh dari berat badan ideal ? Lebih atau kurang ?
  • Seberapa sering anda merasa down secara psikis meski tidak ada masalah berarti menghadang ?

Jika jawaban dari pertanyaan “seberapa” ini lebih menunjukkan “banyak/ sering” maka anda berada dalam posisi fisik dan psikis yang menyedihkan! Namun jangan kuatir. Solusinya mudah kok. Apa itu? Perbaiki pola makan anda, dengan food combining!

Food combining itu bukan diet supaya jadi langsing, bukan menu makan protein tinggi. Food combining adalah mengatur pola makan agar sesuai dengan ritme tubuh kita, bukan tubuh kita yang “dipaksa” mengikuti kemauan kita ^__^

Dan kata siapa Food Combining bikin kita ga bisa datang ke pesta makan, mahal, harus sarapan buah, makan menu khusus protein dan karbohidrat ?

Itu hanya mitos dan salah kaprah tentang Food Combining (FC). Dengan membaca buku Food Combining Itu Gampang, anda akan mendapatkan pemahaman yang benar dan komprehensif tentang food combining tanpa harus mengernyitkan kening karena bingung seperti :

  • Bisa makan kenyang dan gak lemes!
  • Gak pusing ngitung kalori!
  • Tubuh sehat (langsing ? itu mah bonus!)
  • Berat badan pun ideal

Buku Food Combining itu Gampang ditulis oleh seorang mantan pemimpin redaksi majalah pria yang sekaligus praktisi dan pengajar yoga, Erikar Lebang. Di blog ini juga ada review buku Erikar Lebang lainnya: Mitos dan Fakta Kesehatan

 

Sumber : http://annunaki.me/2013/03/15/erikar-lebang-food-combining-itu-gampang/

 

3 Comments (+add yours?)

  1. Clara Ingewati
    Oct 14, 2013 @ 10:06:36

    salam kenal

    Reply

  2. makanan ringan seblak
    Feb 15, 2014 @ 08:11:34

    salam kenal…mengenai food combining bagus, tapi kadang kita malas untuk mengcombine,,,sehingga yang ada saja kita makan gak mempertimbangkan apa yang kita makan saat ini..btw saya jadi serasa diingetin ma artikelnya…tks

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: