Mutiara Bob Sadino

Mutiara Bob Sadino

 Saya bisa hidup bahagia tanpa saya harus menjadi konglomerat. Saya suka membina orang lain menjadi besar, yang pada akhirnya membuat saya besar juga.

  • Harus diketahui bahwa satu bisnis yang menggunakan manajemen kekeluargaan tidak harus dijalankan oleh kelompok keluarga yang terkait darah. Saya menjalankan ”brotherhood system with no kindship relations”
  • Waktu kecil saya adalah anak nakal. Di sekolah, saya termasuk siswa paling goblok. Setiap kali pengumuman hasil ujian, maka teman-teman langsung melihat nilai saya, karena kalau saya lulus maka yang lain juga pasti lulus.
  • Saat anak-anak, saya juga suka mencuri mangga. Bahkan saya menjadi ketua geng anak-anak yang suka mencuri mangga. Ternyata, untuk mencuri mangga itu perlu strategi. Harus tahu perilaku pemilik, harus punya antisipasi terhadap berbagai kejadian, seperti anjing pemilik menggonggong, dsb. Buat saya itulah cikal bakal saya mengerti proses manajemen.
  • Proses lain yang mengajari saya manajemen adalah ketika berhubungan dengan wanita. Waktu muda, saya termasuk playboy. Negosiasi dengan para gadis membutuhkan keahlian komunikasi. Anda harus banyak belajar dari hal yang tidak tertulis
  • Sejak awal berbisnis saya tidak pernah memikirkan uang. Itu bukan tujuan. Dulu yang saya fikirkan hanya satu, bagaimana agar bisa mengisi perut …
  • Saya menjual kangkung lebih mahal 10 kali lipat dibandingkan harga di pasar. Tapi pelanggan tetap membeli. Mereka tidak melihat harga, mereka mempertimbangkan kualitas.
  • Setiap saat saya hidup dengan berbagai macam masalah. Tapi saya tidak akan pernah membiarkan masalah membuat saya susah. Saya adalah orang paling bahagia di dunia ini.
  • Buat saya, berfikir ( terlalu lama ) itu adalah penghambat terbesar. Yang paling baik adalah segera action ….
  • Anda berfikir seribu mil, wah pasti terasa jauh. Sedangkan saya, tidak pernah berfikir karena hanya melakukan selangkah saja. Ngapain pakai mikir, karena hanya selangkah …

Leave a Reply

