Visa Jepang Pemegang E-Passport

Ini merupakan tulisan lanjutan setelah E-Passport nya selesai.

Persyaratan umum membuat passport Jepang ada di sini : http://www.id.emb-japan.go.jp/visa.html

Panjang kan hehee..

Mangkanya baca yang ini aja (khusus pemegang E-Passport) : http://www.id.emb-japan.go.jp/news14_30.html

Gampangkan..

Jadi, intinya kalau sudah punya E-Passport ga usah capek capek lagi ngumpulin berkas macem-macem spt passport biasa, udah gitu gratisss tiss tiss..

Jadi ada 2 proses, yaitu proses penyerahan berkas dan proses pengambilan berkas.

Untuk penyerahan berkas sangat simple, hanya perlu bawa E-Passport dan isian yang bisa di download di  http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_waiver_form.PDF .

Untuk menuju Kedubes Jepang susah susah gampang, mereka tidak menyediakan tempat parker motor / mobil, so kalau mau parkir mobil bisa di Grand Indonesia / Plaza Indonesia. Kalau mau pake Busway, paling enak turun di Dukuh Atas, trus naek kopaja / metronimi yang jurusan tanah abang, nanti turun di depan kedubes Jepang persis deh hehe..

Bawa deh kedua dokumen itu, mereka buka dari jam 08.30 – 13.30. Pengalaman waktu mengurus, karena mau berangkat lagi peak season yaitu pas bunga sakura, jadi agak penuh. Aku datang sekitar jam 10 an. Itu sudah mengantri di depan kedubesnya, setelah menyerahkan KTP tinggal masuk ke dalam. Didalam kedutaan masuk ambil antrian, ada 2 nomor antrian untuk orang Indonesia, WNA, Travel yang satu lagi untuk orang Jepang.  Intinya adalah sampai di kedutaan sebelum jam 12, kalau sudah di dalam jalan terus, mereka shift istirahatnya.

Setelah menunggu cukup lama, akhirnya dipanggil juga nomor antrian, di depan petugas kita hanya disuruh menyerahkan E-Passport dan data isianya kita dikasih kertas kecil untuk bukti pengambilan Passport dan visanya disuruh kembali lagi besok nya.. (cepet banget ya)..

Aku baru bisa mengambil Visanya besok lusanya, untuk pengambilan yaitu jam 13.30-15.00, dan jreng-jreng.. antriannya lebih panjang dibandingkan waktu menyerahkan dokumen. Ya sudah, disabarin aja, sambil ngobrol sama orang2.. hehe..

Didalam setelah ngambil nomor antrian, tidak lama kita dipanggil, dikasih deh E-Passport kita yang sudah ditempel Visa Waiver.

20150413_211147

Yeayyy.. Ready to go to Japan!!!

Sepertinya untuk menyerahkan dokumen ini mesti dilakukan sendiri, kecuali memang ngurus lewat travel. Kalau untuk pengambilan bisa diwakilkan, tinggal bawa kertas kecil yang dikasih sama petugas kedutaannya aja.

Selamat Berlibur ke Jepang..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: