Alasan Keluar Dari Pekerjaan dan Memulai Usaha

Oke, kali ini mau cerita tentang  kisah tentang pengalaman hidup yang cukup membuat saudara, teman, kerabat, bahkan bos pun terheran-heran, yaitu bosan menjadi karyawan…

Yup, tahun 2010 hampir 2 tahun setelah lulus kuliah mendaftar ODP (Officer Development Program) di Bank Mandiri. Setelah sebelumnya kerja hampir setahun di Samsung Electronic di Cikarang.

Program ODP Bank Mandiri sangat komprehensif, dari mulai pengetahuan perbankan, ekonomi, akunting, bisnis, manner (cara berpakaian, cara makan, cara bertata karma) hingga kepribadian. Kebetulan aku dapat penempatan di bagian kredit, jadi sebelum mulai kerja ada tambahan kelas lagi khusus pengetahuan perkreditan.

Penempatan yaitu di bagian kredit untuk Medium – Large Company, waktu itu pegang kredit yang nilainya 5 M hingga 250 M. Tidak hanya kredit aja yang ditangani, namun juga dana dan transaksi perbankan lain seperti LC dan BG.

Memang kerja di Bank untuk masalah pendapatan dapat dibilang lumayan, gajian setiap bulan ditambah THR 2 x gaji, cuti ½ x gaji dan bonus yang lumayan bisa 5 x gaji kalau performance yang bagus. Namun tetap saja hal tersebut tidak menutup keinginan untuk keluar dari Mandiri dan segera memulai usaha sendiri.

Ada 3 alasannya, yaitu :

  1. Alasan Waktu

Ya, alasan utama yaitu waktu kerja yang luar biasa ditambah waktu yang harus dihabiskan di perjalanan. Setiap pagi harus berangkat pukul 05.15, untuk ngejar bis transjakarta pertama dari halte ragunan dan dapat antrian duduk. Kenapa bis pertama? Supaya ndak telat. Kenapa antrian duduk ? Supaya bisa tidur di jalan. Sampai kantor jam 07.00, sarapan lalu siap2 kerja.

Kerja seharian, kadang di kantor terus, kadang ke kantor pusat, kadang ke kantor nasabah. Kerjaan paling cepat selesai pas magrib, jadi pulang setelah sholat. Kalau lagi banyak kerjaan pulang menyesuaikan dengan jadwal terakhir busway yaitu jam 10 malam. Bukan Jakarta kalau tidak macet, kalau pulang abis sholat magrib paling cepat sampai rumah jam 9 malam. Pernah sih beberapa kali ga pulang alias nginep, juga beberapa kali acara kantor hari Sabtu/Minggu.

Sampai rumah tinggal mandi tidur deh, karena besok pagi-pagi sudah mesti berangkat lagi. Pagi pas berangkat anak-anak belum bangun, pas pulang anak-anak sudah tidur. Ngobrol sama istri juga sebentar. Padahal masa-masa kecil anak2 seharusnya mendapat perhatian dari orang tuanya.

Itulah alasan utama ga mau kerja kantoran lagi.

  1. Alasan Passion

Sejak jaman kuliah seneng jualan kecil2an, ngobrol sana ngobrol sini, jalan sana sini. Ada senior waktu kuliah bilang, Mil, kamu tu ga cocok jadi karyawan, kamu cocoknya jadi pengusaha haha..

Ndak begitu suka keteraturan, kerja keras, senang dengan sesuatu yang menantang, sesuatu yang baru, cepat bosan, ga begitu suka diperintah2, males ada friksi2 dengan teman, pengen cepet kaya, bisa ngebantu sebanyak mungkin orang.. kayaknya itu karakter pengusaha deh..

Ditambah dengan pas kerja di Bank ngeliat para pengusaha, mendengar kisah-kisahnya, kerja keras, visi misi dllnya kok ya makin pengen jadi pengusaha.

  1. Alasan Keyakinan

Ini sih sebenarnya alasan kenapa keluar dari Bank, ada senior di Mandiri yang kebetulan senior juga di kampus, dia alasan utama keluar dari Bank karena tidak sesuai keyakinan.. Apalagi aku, bagian kredit broo.. dulu tuh yang ngusulin suku bunga baik suku bunga kredit maupun deposito ke nasabah hehe.. (baca : bunga kredit = riba).

Atas dasar 3 alasan tersebut, jadilah pertengahan tahun 2014 mengundurkan diri.. Banyak teman bahkan bos yang geleng-geleng kepala, karena kebanyak orang yang resign dari Mandiri akan dengan mudahnya keterima di Bank lain dengan gaji/fasilitas yang lebih, eh ini malah mau usaha yang bahkan usahanya belum dimulai sama sekali..

Segitu dulu, jadi deh sekarang berusaha, walaupun skrg masih dalam fase berdarah-darah, mohon doa supaya kedepannya usahanya lebih maju, lebih bisa membantu banyak orang.. Amiinnn..

Regards,

Kamil

2 Comments (+add yours?)

  1. Irfan Show
    Aug 09, 2015 @ 07:53:34

    Mantab mil, salut gw… Smp skr gw msh blom ada keberanian utk usaha walopun pengen bgt…x) Mudah2n tambah sukses dan berkah terus ya…

    Reply

  2. bangkamil
    Aug 09, 2015 @ 13:47:37

    Thank you Irfan..
    Sukses juga buat dirimu.. yang penting semangant berkarya dimanapun aktivitas kita..🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: