Keajaiban & keunikan ITB

Tau ga sih? Ternyata ga hanya dunia aja yang punya keajaiban dan keunikan, kampus ITB yang terletak di Jl Ganesa Bandung ini ternyata memiliki kelebihan sendiri yang ga ada di kampus lain..

1. ITB itu kampus negri di Indonesia yang paling kecil tapi paling berteknologi..

(bayangin, diameternya aja cukup 5 menit jalan kaki, tapi punya lab atas tanah ampe bawah tanah). Juga ni kampus dah tua banget.. Aula Barat yang menjadi simbol ITB aja di bangun tahun 1920

2. Pesawat terbang tipe MIG di dalam lab Dept Penerbangan.

So duluan pesawatnya, atau duluan lab nya yang ada di sana?

3. Kolam Indonesia Tenggelam, dan Indonesia Raya, Plaza Widya, dan Tugu Soekarno.

Dalam kolam ini ada peta Indonesia, di samping nya ada kolam-kolam panjang. Nah di dalem kolam-kolam panjang itu ada not-not Indonesia Raya. Juga ada Plaza Widya dan Tugu Soekarno. Ingat, bung Karno pernah sekolah di kampus ini lho

4. Kesimetrisan gedung, contohnya Aula Barat & Aula Timur.

Konon “blue print” kampus ini memang akan dibangun simetris. Namun apa daya, karena keterbatasan ruang, jadilah di bangun apa adanya.

5. 47 tonggak

Tonggak ini ada di gerbang depan kampus, sebelum pos satpam. Simbol 47 mahasiswa ITB yang meninggal karena ikut berperang mempertahankan kemerdekaan. Konon kabarnya mereka di makamkan di Taman Makam Pahlawan Cikutra. Emang dari dulu ITB terkenal sebagai kampus perjuangan.

6. Patung Ganesha.

Konon ketika penggalian tuk pembangunan kampus ini, para pekerja menemukan patung Ganesha. Jadilah Jalannya dinamakan jalan Ganesha, dan kampusnya di sebut kampus Ganesha..

7. Arak-arakan pas wisudaan.

Heboh banget tuh wisudaan ITB. Dari mulai perang air ampe perang beneran. Dari mulai arak-arakan sekedar jalan kaki, pake kuda, motor gede, ampe mobil kebakaran..

8. Terowongan.

Penghubung antara Sabuga (Sasana Budaya Ganesha, itu loh, tempat wisudaan anak ITB sama tempat konser) dengan kampus ITB, tepatnya Sunken Court (ituloh, tempat unit-unit pada mangkal, depan perpustakaan)

9. Jalan Ganesha No 10.

Misteri no 10 ini. Hayo coba ada dimana no ini? Jawabnya ada di depan, samping pos satpam, depan lapangan SR

10. 24 hours campuss.

Ga ada matinya, bahkan parkiran SR buka 24 jam lho.. Dari mulai sekedar pacaran, ngerjain TA ampe diskusi ampe pagi di unit-unit ato himpunan.

11. Hantu :

Hantu tukang bakso di SR lah, hantu cewek belanda di mesinlah, hantu si Boscha di gedung 1201 atau gedung Boscha.. Ah, emang bangunan kuno + pohon-pohon besar membuat tambah merinding aje. Pernah di suatu ruangan nan sepi pada malam hari, tiba-tiba ada telepon jaman tua yang bunyi sendiri. Padahal tu telpon dah ga ada kabelnya lagi.. hii…(based on true story nih)

12. Ukiran miniature ITB di gedung AR/GD

13. Ada jendela di kolam renang Sabuga, tuk ngintip apa motor/mobil kita masih aman apa ga kali ya?

14. Punya 70 water tap, sumbangan dari angkatan 70.

Kalo haus, tinggal dateng aja ke water tap. Waktu masih jaya-jayanya, banyak orang yang ampe bela-belain bawa galon dari kosan hanya untuk ambil air dari water tap

15. Mata kuliah olahraga..

Wajib di ambil oleh setiap mahasiswa ITB. Semester 1 olahraga umum, baru semester 2 olahraga pilihan, dari judo, atletik, bola, bulu tangkis, sampai renang

16. Jaket himpunan yang warna warni..

Ampe-ampe kemana-mana lebih seneng pakai jahim dibanding almamater. Soalnya untuk ngedapetin jaket himpunan, kudu harus wajib ikutan osjur, ospek jurusan. dulu osjur ampe 9 bulan lho!!

17. Ada Science, Technology, Art, and Management

Konsepnya : ITB merupakan kampus cerminan dari suatu industri. Biasanya untuk menciptakan suatu produk baru, diperlukan riset. Mangkanya ada bagian science. Setelah ditemukan sesuatu yang baru, perlu direkayasa. Diperlukanlah rekayasa teknologi. Suatu produk supaya bernilai jual, harus memiliki desain yang indah, mangakanya ada fakultas seni. Produk yang baik tidak akan sampai ke tangan konsumen tanpa management yang baik..

18. http://rileks.comlabs.itb.ac.id

Forumnya anak-anak ITB. Segala ada di sana.. Dari mulai film, music, diskusi ilmiah, politik, dagangan, dll. Katanya ada anak TPB yang seneng banget masuk ITB karena adanya forum rileks ini

19. Jurusan Astronomi.

Mungkin jurusan astronomi ini hanya satu-satunya di Indonesia, bahkan asia tenggara. Jurusan ini punya satu lab penelitian yang terkenal, yaitu teropong bintang Boscha

About these ads

13 Comments (+add yours?)

  1. ŝoliter
    Aug 19, 2008 @ 21:49:30

    satu lagi, intel dengan dedikasi tinggi perlambang parameter gaul mahasiswa itb: DONA

    Reply

  2. bangkamil
    Aug 20, 2008 @ 08:33:16

    ya tul, temen ane pernah liat tu orang beli gorengan dengan bahasa indonesia yang lancar..
    Asli intel.. soalnya beliau sempat menghilang dalam waktu yang lama, dan kemudian muncul lagi ketika BBM naik.. Hebat ya ITB :)

    Reply

  3. fathiiiii
    Aug 20, 2008 @ 11:30:45

    ah, mil. ente bisa aja.

    atu lagi, ada bangkamil.

    huehehe..

    Reply

  4. madzz
    Aug 20, 2008 @ 13:25:09

    salam kenal

    Reply

  5. Arie
    Aug 21, 2008 @ 21:11:25

    15. Mata kuliah olahraga..
    Wajib di ambil oleh setiap mahasiswa ITB. Semester 1 olahraga umum, baru semester 2 olahraga pilihan, dari judo, atletik, bola, bulu tangkis, sampai renang

    Uh, sekarang cuma 1 semester doang ya… :(

    Reply

  6. errick
    Aug 29, 2008 @ 09:34:59

    gile keren abis boss…

    Reply

  7. Him
    May 23, 2009 @ 19:56:51

    hohohoho…
    wah, keren juga calon kampus gw.
    gw dah dpt di farmasi itb, tapi masih dagdigdug nungguin pengumuman uan.
    eh, mang ada teknik kedokteran yak?

    Reply

    • bangkamil
      May 24, 2009 @ 05:12:06

      Pertama, saya ucapkan selamat bisa masuk ke ITB, kampus perjuangan, kampus yang akan mengubah setiap orang yang masuk ke sana, kampus yang akan mengubah cara pandang menjadi manusia yang lebih dewasa.

      Teknik kedokteran ga ada tuh..

      Reply

  8. Agni Luthfi
    Jun 22, 2009 @ 08:54:43

    wah berarti saya sering kuliah dekelas yang ada hantunya dong? si hantu boscha ruang 1201. wah beneran ini? tapi aman2 aja ah ga pernah terjadi apa2 dan mudah2an tidak pernah terjadi apa2.

    Reply

  9. haisistha
    May 23, 2010 @ 17:32:42

    makasih ya bang.
    peta ITB nya membantu sekali buat data tugas saya.
    keep blogger going!~

    Reply

  10. masukitb
    Oct 11, 2010 @ 23:45:27

    Halo,

    Salam kenal. Kami suka dengan tema tulisan kamu tentang pengalaman kamu di ITB.

    Begini, LPM ITB sedang membuat situs antarmuka untuk menjembatani mahasiswa- alumni ITB, dengan siswa SMU dari seluruh Indonesia, yang berminat ke ITB, untuk bisa bertukar informasi. Tujuannya, adalah untuk mengurangi kasus “salah pilih jurusan” sebelum memutuskan masuk ke ITB, juga membuat siswa SMU mengenal lebih dekat kehidupan mahasiswa ITB, dengan harapan, mereka bisa mengoptimalkan waktu belajarnya di kampus.

    Kami berusaha untuk mengurangi bias informasi seputar jurusan di ITB, bagi siswa SMU, sehingga mereka punya spektrum yang luas dan berimbang seputar disiplin jurusan, bahkan aktivitas mahasiswa ITB.

    Kalau Kamu bersedia, silakan berkunjung, berdiskusi, berbagi, dan jangan lupa untuk menjawab keingintahuan siswa- siswa SMU dari seluruh Indonesia, tentang ITB.

    Oh iya, tulisan ini juga bisa lho, kalau mau diposting .

    Regards,

    Layanan Produksi Multimedia ITB
    http://www.masukitb.com

    http://multimedia.itb.ac.id

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: