Nama Kampus

Tulisan di bawah ini merupakan hasil jalan-jalan dan diskusi dengan berbagai teman dari berbagai universitas ketika menjadi mahasiswa dulu.

Teman-teman pasti tahukan, ITB singkatan dari Intitut Teknologi Bandung, UI yaitu Universitas Indonesia, dan IPB pastilah Institut Pertanian Bogor.. Tapi, tahukah anda kepanjangan dari UNS dan ITS??

Tebakan biasanya UNS = Universitas Negeri Solo, atau Universitas Negri Surakarta, dan ITS = Institut Teknologi Surabaya. Namun yang benar adalah UNS = Universitas Sebelas Maret, dan ITS = Institut Teknologi Sepuluh November. Ya, penamaan kedua kampus itu ada latar belakang masing-masing.

Terkadang, nama kampuspun dijadikan plesetan. IPB misalnya, sering disebut Insitut Perbankan Bogor. ITB pun sering menjadi plesetan, yang paling asik sih: Institut Terbaik Bangsa. Terkadang disebut juga Institut Tani Bandung, atau Institut Ternak Bandung. Maklumlah, banyak alumni ITB yang akhirya berkarya di bidang agro industri. Kadang juga disebut Insitut Teologi Bandung, dan anak-anak tarbiyah nyebutnya : Institut Tarbiyah Bandung..

Temanku yang mahasiswa Universitas Gunadarma, sebuah kampus swasta di bilangan Depok juga kadang menyebut nama kampusnya UGM : Universitas Gunadarma Margonda, atau UNDIP : Universitas Depan UI Persis…

Kalo UI dalam bahasa Inggris jadi University of Indonesia, ITB jadi Bandung Institute of Technology.. Coba kalau Universitas Negeri Malang.. Ada teman yang bilang “Unlucky State University” he he he…..

Akhir kata, semoga menjadi sedikit hiburan di tengah peta politik yang semakin ruwet ini…

Malem-malem enaknya makan sate
Makin enak ditemenin si die
Kalo ada ni aye sale-sale kate
Bolehlah abang & mpok maapin aye

Cheers,
Kamil

Leave a comment